5 Peran Remaja dalam Perkembangan Desa

Remaja perkotaan dan remaja di desa memiliki motivasi dan juga tujuan yang berbeda dalam menata kehidupannya. Contoh banyak pemuda desa belajar sampai ke kota untuk mendapat pendidikan yang terbaik, setelah selesai dan kembali ke desa ia memilih untuk membangun desanya agar semakin maju. Bisa dilihat contoh peran remaja dalam mengisi kemerdekaan bangsa dan negara.

Ada juga yang sebaliknya, setiap remaja memang tidak sama, namun sangat disayangkan apabila banyak remaja yang hanya menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak baik dan kurang bermanfaat. Berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh peran remaja dalam perkembangan desa yang bisa dijadikan sebagai motivasi :

1. Berperan Menjadi Tenaga Pengajar Bidang Pendidikan

Setelah selesai menempuh pendidikan yang terbaik, tentunya tidak akan sia – sia jika ilmu tersebut dijadikan manfaat bagi masyarakat desa. Dengan membantu memberikan penyuluhan pendidikan bagi orang kurang mampu.

Peran remaja dalam perkembangan desa dengan menjadikan desanya menjadi ladang ilmu bagi masyarakat luar yang ingin menjadikan desanya contoh nyata.

Baik dalam hal apapun, contoh tenaga pengajar bahasa Inggris, pengajar kerajinan tangan, pengajar pengolahan sampah dan sebagainya. Pentingnya pendidikan dini dan pengaruh pendidikan karakter terhadap jiwa anak.

2. Berperan Menjadi Tenaga Penggiat Dalam Pertanian

Di desa masih banyak pertanian dan perkebunan yang masih sangat tradisional pengolahannya. Untuk menjadi lebih maju dan juga berkembang, remaja yang memiliki pendidikan dibidang pertanian sebaiknya memajukan sistem pertanian yang handal dan berkembang di desa.

Dengan cara memberikan penyuluhan kepada petani cara pengairan, menanam bibit unggul, menghindari dari penipuan dan cara bertani yang pintar.https://94ea348ee9218b94a85ed8b194dc05e1.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

Diharapkan dengan bekal ilmu pertanian dan perkebunan di desa lebih sehat dan jauh dari penipuan para penjahat yang ingin meraih keuntungan semata. Berikut ini sikap yang dapat dilakukan dengan cara remaja menghadapi era globalisasi menurut psikologi.

3. Berperan Dalam Kegiatan Membangun Desa Maju

Contoh peran remaja dalam perkembangan desa dengan melakukan tindakan nyata membangun desa. Caranya seperti membuat irigasi sawah, listrik desa, pengolahan sampah desa, penghijauan desa, penanaman lahan gundul, kesehatan desa, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk melakukan itu semua tentu haruslah bekerja sama dengan segala pihak dengan tujuan dan misi yang jelas dan bermanfaat. Dengan cara ini maka masa depan pedesaan akan semakin maju dan jauh dari kata desa tertinggal. Contoh satu sikap dan cara mengatasi remaja lari dari rumah bagi orangtua.

4. Berperan Mengerakkan Nilai Positif Masyarakat Desa

Untuk memajukan desa memang tidak cukup hanya sekedar teori dan mimpi saja, namun harus dibuktikan dengan kerja nyata dan tindakan.

Oleh sebab itu pentingnya penyuluhan dan juga motivasi bagi masyarakat desa, hal ini agar masyarakat lebih paham dan mengerti tujuan pembangunan desa.

Contoh dalam hal pengolahan sampah, yang mana sampah tidak hanya bisa dibuang saja namun ada unsur ekonomi didalamnya. Dengan membuat pkk ibu rumah tangga untuk membuat hasil karya dari plastik sampah yang berguna dan memiliki nilai jual. Salah satu dampak dan pengaruh lingkungan terhadap perkembangan jiwa remaja.

5. Mengajarkan Kegiatan Penuh Manfaat

Satu lagi contoh peran remaja dalam perkembang desa dalam membangun desa yaitu dengan menggiatkan masyarakat untuk hidup sehat, hemat dan juga nikmat.

Seperti membuat toilet bersih dalam setiap rumah, membuat penampungan air hujan, memanfaatkan sampah menjadi tenaga alam yang bermanfaat dan masih banyak lagi. Hal ini tentu tidaklah mudah, dengan modal motivasi, semangat dan tekad maka semua itu akan terwujud. Contoh kiat dan cara menghadapi anak remaja yang malas.

Setiap usaha memang membutuhkan perjuangan dan juga pengorbanan yang tidak ringan, bekal pendidikan dan ilmu semua akan terbukti menjadi baik. Semoga penjelasan contoh peran remaja dalam perkembang desa dapat menjadi manfaat dan pembelajaran kamu.

Oleh : Rini Sabarini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *