5 Teknologi Andalan yang Bantu Industri Pertanian Indonesia

5 Teknologi Andalan yang Bantu Industri Pertanian Indonesia

PelitaDesa – Di masa pandemi Covid-19 saat ini justru sektor pertanian membawa banyak kabar baik untuk perekonomian Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari bantuan sejumlah teknologi yang membantu industri pertanian.

Dengan adanya sejumlah teknologi pertanian yang berdampak positif bagi sektor nasional ini, petani juga bisa meningkatkan produktivitas dengan sejumlah bantuan teknologi. Seperti bantuan teknologi Transplanter hingga Instalasi pengolah limbah.

Melansir laman Instagram @kementerianpertanian. Berikut lima teknologi pertanian andalan Indonesia:

Transplanter

Teknologi ini direkomendasikan oleh Litbang Kementan RI untuk hal penanaman padi. Teknologi ini meningkatkan produksi padi hingga 30persen.

Indo Combine Harvester

Indo Combine Harvester adalah alat untuk panen padi yang memudahlan dalam proses pemotongan hingga pengantongan padi.

Mesin Pemilih Bibit Unggul

Mesin tersebut banyak digunakan perusahaan pembibitan untuk tahap seleksi bibit unggul. Misalnya digunakan pada pemilihan bibit unggul Jagung Hibrida.

Alat Pengering Kedelai

Alat pengering kedelai ini mampu mempersingkat waktu pengeringan yang biasanya dilakukan selama delapan hari dipersingkat menjadi satu hari.

Instalasi Pengolah Limbah

Dengan menerapkan teknologi instalasi pengolah limbah, limbah ternak dapat diubah menjadi pupuk organik. Ini menjadi nilai tambah bagi peternakan.

Yuk kita dorong petani kita memanfaatkan teknologi pertanian buatan Indonesia. Ayo songsong industri pertanian modern masa depan yang memanfaatkan mekanisasi dan teknologi informasi sektor pertanian.


Oleh : Natasha Oktalia, Jurnalis 

Tinggalkan Balasan